Kamis, 22 Maret 2018

Aktivitas Manjat Pohon

2 Maret 2017
Di minggu ketiga saya 'belajar mengajar' di sekolah alam tangerang, saya tertarik dengan aktivitas manjat pohon 3 anak perempuan ini di jam istirahat.
Awal2 di sekolah ini sempet agak kaget ngeliat beberapa anak manjatin pohon2 tinggi tapi gurunya keliatan santai aja. Tetap mantau tapi nggak ada yg berusaha melarang.

Ternyata setelah dapet ilmu dari sang ketua yayasan, beliau bilang bahwa di sekolah ini ada 4 pohon ceri dan 2 pohon mangga yang memang disediakan untuk dipanjat anak2. Masing2 pohon punya tingkat tantangan cabang yang berbeda-beda.
Menurut beliau, masa usia sekolah dasar adalah masa dimana anak seharusnya diperbolehkan melakukan aktivitas yang menantang / baru baginya (dengan pengawasan yang cukup).

Salah faktor penyebab seseorang kurang percaya diri adalah pada masa kecilnya banyak 'dimanjakan' oleh orangtuanya. Mau manjat pohon gaboleh nanti jatoh, mau lari2 dilarang nanti capek, mau becek2an gaboleh takut kotor.
Jelaskan konsekuensinya dan biarkan mereka memilih. Agar ketika dewasa nanti ketika dihadapkan pada pilihan2 hidup, mereka yakin, percaya diri, dan bertanggungjawab atas apa yang telah dipilih. Karna sejak kecil terbiasa merasakan konsekuensi atas pilihan2 mereka sendiri.
Pola asuh dari orangtua sejak kecil sungguh sangat mempengaruhi karakter dan kepribadian seseorang.
Nanti kalo udah gede jangan lupa cobain manjat gunung juga ya dek :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar