Selasa, 28 Agustus 2018

Pait Manis Ibu Rumah Tangga (Part 2)

Nah sekarang saya mau cerita manis2nya fulltime di rumah. Ini sih salah satu alasan saya masih bisa mentolerir jikalau dilanda lelah. Karna masing2 dari kita pasti punya alasan kuat kenapa memilih jalan yang kita ambil. Alasan itu yang biasanya jadi pembakar semangat kita. Ya nggak?
Enaknya jadi fullmom itu :
1. Membersamai tumbuh kembang anak sepenuhnya
Ini yang menyenangkan. Setiap lonjakan perkembangan anak, kitalah orang yang pertama yang tau. Apapun yang Ahsan butuhkan saat itu, saya selalu ada. Segala macam gerak geriknya, sebab tangisnya, meredakan rewelnya, saya dan suami yang paling faham tentang Ahsan. Bukan yang lain.

2. Bebas menentukan pola asuh yang mau diterapkan ke anak
Pernah saya cerita ya di tulisan lika liku pola asuh. Bahwa di era digital ini. Informasi dan ilmu baru makin mudah didapat. Artinya semakin sulit menyamakan frekuensi antara pola asuh di jaman orangtua kita dulu dengan pola asuh yang disarankan masa kini. Kalo anak kita yang asuh sendiri, maka semakin mengurangi keribetan untuk menjelaskan ke pengasuh anak (misal orangtua kita atau pengasuh lain) tentang pola asuh seperti apa yang mau kita terapkan anak. Ribet ga sih bahasa yang saya tulis? Ya gitu lah pokoknya.

3. Mengurangi beban pikiran
Kalo kita kerja suka ngerasa ketambahan beban pikiran nggak sih sama urusan kantor? Apa cuma saya aja ya 😁 Anggep lah cuma saya yang merasakan itu. Saya merasa semenjak bisa full di rumah, fikiran bisa lebih fokus. Fokus ngurusin rumah, anak, dan suami. Mungkin saya yang cupu ya. Kalo jadi working mom, mungkin saya nggak sanggup bisa maksimal ngurus semuanya. Tapi nggak semuanya gitu. Banyak juga sih working mom yang bisa menghandle semuanya dengan baik. Tapi itu bukan saya. Maka pilihan menjadi fullmom adalah yang paling sesuai dengan kapasitas diri saya sendiri.

4. Merasakan sepanjang hari lelah sepanjang hari pula tenang dan gembira
Maksudnya gimana?
Maksudnya jadi fullmom tanpa ART  tuh lelah banget asli. Belom ngerjain kerjaan rumah, ngegendong2 anak, dan pekerjaan  emak2 lainnya. Tapi pas giliran lagi main sama anak, lelahnya ilang aja gitu berganti gembira liat si bayik ngakak2 dan segala kelucuan dikeluarin maksimal. Jadi waktu malam datang, si bayi tidur panjang. Mulai kerasa pegelnya, tapi hari itu seneng banget pokoknya nginget2 apa aja yang udah kita lakuin berdua di rumah hari ini. Tinggal pas abinya pulang. Ceritain deh semua kekocakan Ahsan tadi. Sederhana aja senengnya kita.

5. Makin disayang suami 😝
Simple sih karna emang suami maunya saya di rumah sama Ahsan. Jadi dia sering banget bilang makasih udah merelakan semuanya buat cita2 kecil kita. Dulu sebelum ada Ahsan, kalo malem suami pulang kerja saya suka pijitin. Tau lah gimana capeknya kalo abis kerja lembur. Tapi sekarang. Udah ga pernah. Yang ada paksu terus yang mijitin saya. Katanya 'kasian ummi capek seharian'. Maklum ya belom 2 tahun nikah. Anak masih bayi, masih lucu. Konflik belum banyak. Jadi masih manis2 ria. Eh tapi semoga sampe tua begini terus ya paksu 😘

Kira2 begitulah ceritanya menjadi seorang fullmom. Monmaap kalo ada cerita saya yang sekiranya tidak berkenan pada teman2. Oiya pernah denger nggak sih tentang quotes yamg kalimatnya gini kira2.
'Ibu yang baik itu bukanlah yang full di rumah ataupun yang bekerja. Tapi ibu yang baik adalah ibu yang bahagia menjadi versi terbaik dari dirinya.' 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar