Kamis, 30 Mei 2019

Shazia Birth Story part 2

Siap2lah berangkat ke RS dianter ayah saya. Ahsan dibawa ke rumah tetangga sama ibu saya supaya nggak ngeh kalo saya mau pergi. Kalo sampe dia liat uminya, berlanjut lah drama2 gamau ditinggal uminya. Tapi untungnya dia anteng. Pinter anak umi 🙃
Sampe RS sekitar jm stg 8 pagi. Ayah diminta tunggu diluar. Saya? Sendirian ajah di ruang bersalin. Setelah dicek VT. Suster bilang udah bukaan 6. Dia minta kerjasama untuk nggak ngeden sebelum waktunya karna pembukaan belum lengkap.
Disinilah tantangan dimulai. Dimana keinginan mengejan sangat kuat tapi harus ditahan. Sumpah waktu Ahsan nggak sedahsyat ini mulesnya.
Mulai praktekin cara menikmati gelombang cinta di fase aktif kyk gini.
1. Saat mules datang, tarik nafas dalam dan panjang lalu buang sambil bilang 'Haaah.' hah kyk orang kepedesan gitu. Pake nada rendah kyk lagi latihan paduan suara bukan kyk lagi tawuran ya. Kemarin sih bidannya ngarahin begitu waktu lagi VT. Tapi abis itu ku ditinggal sendiri 🙁
2. Fokus ke cara nafas. Abaikan keinginan mengejan. Cari pelarian lain misalnya liatin lampu di atas sambil bilang ke diri sendiri. Ayok tarik nafaaas. Bilang haaaah. Ini teorinya keliatan gampang tapi prakteknya agak butuh effort dan konsentrasi tinggi memang.
3. Afirmasi positif tetep. Sambil nikmatin gelombang cinta, sambil sugesti ke diri bahwa ini cuma berlangsung 1 menit. Nggak lama. Tahan. Kamu bisa. Abis itu bakal ilang kok. Karna kan memang durasinya 1 menit kontraksi dan berhenti selama kira2 3 menit. Lumayan lah istirahat 3 menit.
Dan buat diri bahagia karna mau ketemu dedek. Yakinlah oksitosin bakal keluar dan pembukaan semakin cepet maju.
4. Buang fikiran negatif. Inget bahwa semakin panik dan tegang, pembukaan semakin lama. Waktu itu saya sempet sedih. Duh sendirian banget ini di ruang bersalin? Suamiku manaah. Kubutuh pendamping. Hiks. Tapi kenyataannya suami masih kejebak macet dijalan dari tangerang ke Bekasi. Yasudahlah kalo dipikirin nanti jadi melow dan nggak keluar oksitosin. Maka kuputuskan untuk PD aja berjuang sendirian. Bidannya pun sibuk nyiapin perintilan alat buat persalinan. Baiklah. Ada Allah yang menguatkan.
5. Istirahat di sela kontraksi. Manfaatkan 3 menit selang waktu saat kontraksi berhenti dengan merilekskan badan. Saya aja sampe hampir ketiduran. Minum yang banyak. Senyum. Seriusan senyum ini bikin rileks sih. Bayangin yang seneng2 aja di saat ketemu dedek nanti.
Dengan cara2 demikian Insya Allah kita bisa menikmati gelombang cinta super dahsyat itu. Dan qadarulloh ketika dokter datang sekitar jm stg 9 kurang pembukaan sudah lengkap. Si dokter ramah yang kehadirannya bikin adem hati. Ya. Saya pake dokter yang sama ketika melahirkan Ahsan. Namanya dr. Data Angkasa. Udah nyaman bgt sama dia. Padahal dia bukan termasuk dokter favorit disana. Tapi oke banget sih performanya menurut saya.
Kemudian dokter bilang.
'Monggo boleh mengejan kalau lagi mules'
'Seriusan udah boleh dok?'
'Sudah dong. Kan sudah lengkap pembukaan.'
Gapake pikir panjang begitu gelombang cinta datang langsung mengejan sekuat2 tenaga. Dan akhirnya setelah 3 kali mengejan bayi pinter ku lahir. Jm 8.33 wib dengan berat 2,950gr dan panjang 48cm.
Langsung ku mengucap Alhamdulillah berkali2. Shazia pun diletakkan di dada saya sambil IMD. Dokter minta saya untuk fokus ajak ngobrol Shazia dan elus2 dia supaya nggak kerasa waktu dijait. Selesai dijait, saya ambil HP di sebelah dan langsung video call paksu. Doi kaget bgt pas liat tau2 udah ada bayinya. Haha. Kondisinya dia masih kejebak macet aja dong. Gagal deh lahiran ditemenin paksu. Yasudah. Jalannya sudah begitu. Syukuri aja bahwa semuanya berlangsung singkat dan mudah. Jam stg 5 pagi mulai mules dan stg 9 pagi sudah lahir. Alhamdulillah. Rejeki dari Allah. Lagi2 berkat ilmu berdayakan diri dari @bidankita kubisa lewati segalanya dengan tenang dan lebih siap. Makasih Bidan Yessie yang baik hati 🙂
Mari cintaku Shazia Karim. Kita lanjutkan perjuangan menyusui. Semoga bisa 2 tahun. Selamat datang cintaku 😘

Tidak ada komentar:

Posting Komentar