Sabtu, 18 Agustus 2018

Pait Manis jadi Ibu Rumah Tangga (Part 1)

Oke. Melanjutkan tulisan sebelumnya  tentang keputusan menjadi ibu rumah tangga. Saya coba sharing pengalaman yang saya rasakan selama menjalani hari2 di rumah mengurus bayi. Lebih tepatnya curhat sih. Kebetulan kondisinya saya di rumah nggak ada ART. Jadi ya gitu deh. Seru 😁
Kenapa sih nggak pake ART aja?
Hmm banyak pertimbangan sih. Salahsatunya pertimbangan finansial 😜 Buat temen2 yang punya ART di rumah ya disyukuri saja. Dimulai dari pait2nya ya baru manis2nya biar happy ending πŸ˜†
Saya termasuk emak2 yang manajemen waktunya berantakan sih. Mungkin ada emak lain yang lebih jago jadinya ga sepait saya ngasuh anak πŸ˜…
Kira2 beginilah pait2nya fullmom kayak saya ini.
1. Mau ngapa2in sambil ngasuh anak
Nah ini. Beberapa ibu pasti semua udah pernah ngerasain ini, setidaknya di masa cuti melahirkan. Terutama kalo ngasuh anak sendiri dan nggak ada yang mbantu. Misalnya laper abis nyusuin, pingin makan nasi sebakul rasanya. Tapi si bayi belum ada tanda2 ngantuk. Yaudah akhirnya ambil makan sambil nggendong, makan sambil ngajak main Ahsan. Makan sambil buru2 takut ahsan keburu bosen dan minta gendong lagi. Apalagi kalo pas kebelet BAK atau BAB (maap πŸ™Š) ketika sedang menggendong Ahsan, dia suka kebangun dan nangis kalo diturunin dari gendongan (dulu waktu umurnya masih 3 bulan). Pilihannya cuma 2. Tinggalkan Ahsan yang sedang menangis dan selesaikan urusan ke toilet, atau tenangin Ahsan dulu sambil menahan gejolak ingin kebelakang. Mandi pun begitu. Harus nunggu dia bobo dulu baru bisa mandi. Itupun gabisa sesantai dulu. Mandi secepat mungkin. Di sela2 mandi, sering ngerasa denger dia nangis tapi pas di cek eh ternyata enggak. Kalo lagi apes, baru siraman pertama, dia terbangun, menangis, dan... Bye bye mandi. Kita coba di lain waktu 😒
Untung paksu ga pernah protes kalo pulang kerja liat istri belom mandi. Beliau cukup mengerti lah ya πŸ˜€
Gimana dengan pekerjaan rumah?
Ya dikerjain saat Ahsan bobo juga. Abis kalo dia bangun pinginnya sih maksimal nemenin main dan ngasih stimulasi. Gamau disambi ngerjain kerjaan rumah. Tapi kalo emergency harus dikerjakan sedangkan Ahsan gamau bobo ya mau gamau disambi (sambil nggendong atau biarin Ahsan main sendirian). Hiks. Kutaksuka.

2. Kurang me time
Me time? Hmm bisa sih me time di dalem rumah. Biasanya tiap malem mulai abis maghrib. Jam2 segitu Ahsan udah bobo panjang. Paling bangun sesekali buat nyusu. Disitulah saya bisa me time (yang sederhana). Ngelakuin apa aja yang saya suka tanpa disambi ngurus bayi. Ya makan santai lah, baca buku, ngaji, buka medsos, googling ttg segala hal seputar parenting, atau.. tidur 😁 atau... Terusin beberes rumah kalo abinya lagi pulang malem. Tapi kan itu di dalem rumah. Di luar rumah? Sesungguhnya kuingin sekali me time keluar rumah 😭. Pingin gitu spa di salon, nonton bioskop, mamam cantik di luar, shopping sendiri. Pingin keluar rumah LAMA-TANPA BAWA BAYI. Tapi sampe sekarang belum bisa. Ahsannya udah di tahap gamau jauh dari gentongnya (read : ummi). Bangun tidur ga ada ummi bisa nangis kejer, aus ga ada ummi bisa nangis kejer, ngantuk ga ada ummi bisa nangis kejer. Trus aku kudu piye 😞. Sebenernya bisa sih kalo mau dilatih. Maksudnya dibiasain nggak harus segala2 sama ummi atau abi. Dulu2 sih saya ngerasa biasa aja gabisa me time keluar, tapi sekarang udah mulai ngerasa butuh. Padahal udah sering diajak jalan2 keluar sama abi tapi tetep aja kurang. Pinginnya keluar gabawa Ahsan. Doakan ya semoga saya bisa melatih Ahsan supaya bisa dititip sehari aja deh sama Uti atau neneknya.

3. ASI tidak terukur
Kadang sedih sih kalo ada yang bilang Ahsan kurus, ASI nya kurang. Trus cuma bisa jawab InsyaAllah cukup. BB nya selalu normal di KMS.  Tapi mungkin jawaban itu nggak memuaskan. Karna saya nggak bisa buktiin berapa botol sih setiap hari ASI nya yang bisa dikasih ke Ahsan. Saya lebih milih full direct breastfeeding buat Ahsan. Entah latch on udah bener apa belum, hisapan Ahsan banyak apa cuma ngempeng doang, asi udah keluar sampe abis apa belum. Dalam hal menyusui direct breastfeeding emang saya masih kurang banyak wawasan sepertinya. Tapi tetep kekeuh gamau ngasih sufor. Udah gitu kepedean nggak minum ASI booster apa2.  Masalahnya dari jaman sebelum lahiran saya udah terdoktrin tentang teori bahwa ASI adalah yang terbaik. Ada yang bilang 'MengASIhi itu harus keras kepala dengan tekad baja'. Selama BB ahsan masih normal dan si bayik ini masih aktif bergerak, ceria. Saya masih berusaha untuk memaksimalkan ASI buat dia. Kecuali ada kondisi lain. Udah mulai terbiasa dengan kata2 'ASInya keluar nggak tuh?' untungnya Paksu ga pernah ngomong gitu.
Nanti deh saya ceritain lengkap di tulisan 'Breastfeeding Story' (tapi kapan2 ya πŸ˜‚)

5. Panik sendirian
Namanya cuma berdua doang di rumah sama bayi mau nggak mau panik sendirian kalo ada apa2. Misalnya Ahsan demam, pupnya keras, jatoh dari kasur 😒, nangis kejer tanpa alasan, dan kasus2 bayi lainnya lah. Untungnya sebelum lahiran udah sempet ngeyutub drtiwitv ttg cara2 ngurus bayi dan berbagai masalahnya. Jadi nggak parah2 banget paniknya. Abi nya udah biasa deh kerjanya digangguin sama curhatan2 ummi ttg kondisi Ahsan hari itu. Dan biasanya paksu langsung nelfon atau video call. Nggak banyak membantu secara langsung sih. Tapi meredakan ketakutan iya. Entah kenapa jadi jauh lebih tenang ngadepin Ahsan kalo abis ditelfon abi. Emang gapunya tetangga? Kebetulan saya orangnya ga enakan kalo masalah beginian kudu ngetok2 tetangga. Paling kalo kebetulan pas lagi ngobrol sore baru deh tanya sama ibu2 lain perihal masalah bayi.  Maklum ya newmom. Hehe

6. Hidup secukupnya
Udah jadi konsekuensi ya kalo istri tidak bekerja maka berhemat2 ria πŸ˜€ kecuali suami sudah kaya raya. Inget prinsip istri yang qana'ah. Selalu merasa cukup atas pemberian dari suami. Intinya harus pinter2 milah mana kebutuhan mana keinginan. Karna kalo mau ngikutin keinginan ya ga bakal abis dengan pemasukan berapa pun. Yakin deh. Kalo kata paksu, kurang2in buka instagram (yang unfaedah) supaya hidup lebih banyak bersyukur daripada mikir pingin kayak si ono pingin kayak si ini. Karna kita gabisa ngatur postingan orang kan.

Ya begitulah kira2 pait2nya menjadi fullmom di rumah. Sepait apapun itu selalu saya coba nikmatin. Tapi pernah bosen nggak sih? Pernah. Waktu itu Ahsan lagi rewel banget. Rumah berantakan. Saya belum sempet makan. Akhirnya nangis2 bilang ke paksu pingin kerja aja. Gamau di rumah terus. Nggak kuat kyk gini. Paksu cuma bilang 'Yakin mau kerja lagi?'
Huhu. Dia tau banget kalo saat itu saya lagi terlalu capek aja. Kalo seneng main sama Ahsan juga ga bakal bilang gitu πŸ˜…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar